Rekomendasi 6 Layanan Office Yang Disediakan Cloud Computing Secara Online

Layanan-Office-Yang-Disediakan-Cloud-Computing

Siapa yang tak kenal Microsoft Office? Software yang satu ini telah digunakan selama puluhan tahun untuk mengolah data, membuat chart, hingga mempresentasikan dokumen. Seiring perkembangan teknologi, software ini mengalami perubahan signifikan dengan sejumlah fitur yang memungkinkan Anda mengerjakan tugas serta mengakses data di mana dan kapan saja. Dari sini, muncul layanan office yang disediakan cloud computing secara online.

Cloud computing, seperti yang diketahui, menjadi infrastruktur yang diandalkan banyak pihak untuk mengelola dan mengaplikasikan data yang diperoleh secara online

Lalu, adakah rekomendasi layanan office dengan sistem cloud yang dapat digunakan?

1. Microsoft Office 365

Sebagai salah satu penyedia office software terpopuler di dunia, Microsoft tentunya menawarkan layanan pengolah data bersistem cloud yang dapat Anda gunakan. Adalah Microsoft Office 365, sebuah layanan office yang disediakan cloud computing secara online yang diklaim membantu user agar lebih produktif sekaligus fleksibel dalam mengatur pekerjaan mereka.

Dalam pemasangannya, Microsoft 365 sudah kompatibel dengan berbagai perangkat seperti PC, laptop, dan smartphone. Selain itu, layanan berbasis cloud ini sudah terintegrasi dengan OneDrive, Word, Excel, PowerPoint, OneNote, hingga Skype for Business.

Layanan Office Yang Disediakan Cloud Computing Secara Online

2. Google Workspace

Tak mau kalah dengan Microsoft, Google menghadirkan layanan office yang sering kita dikenal sebagai Workspace. Beberapa layanan yang ditujukan untuk mengelola informasi dan berkolaborasi mencakup Docs, Forms, Sheets, Slides, Sites, AppMaker, Jamboard, dan Keep. Sementara Drive dan Cloud Search disediakan untuk sistem cloud-nya.

Anda dapat mengakses semua layanan Workspace secara gratis atau memilih berlangganan untuk mendapatkan fitur-fitur premium. Sejak 2019, Workspace juga sudah mendukung format file Microsoft Office yang membuat pengalaman kolaborasi makin optimal.

3. Kingsoft

Anda yang sering menggunakan software alternatif Microsoft Office barangkali familier dengan Kingsoft. Sampai sekarang, Kingsoft masih diandalkan user yang merasa repot menggunakan fitur Microsoft dan belum punya bujet cukup untuk membeli lisensi. WPS Office adalah layanan office yang disediakan cloud computing secara online yang kerap dipakai.

WPS Office sudah berbasis cloud, sehingga kompatibel untuk kebanyakan sistem operasi seperti Windows, iOS, Android, dan Linux. Begitu juga format file yang didukung sudah mencakup Google Workplace, Adobe, dan Microsoft Office.

4. SoftMaker

Berikutnya ada SoftMaker FreeOffice 2018 atau SoftMaker yang menyediakan tiga program utama. Di antaranya adalah TextMaker untuk pengolah kata, PlanMaker untuk membuat spreadsheet, dan Presentatious untuk mempresentasikan proyek. Semua program SoftMaker sudah kompatibel dengan Windows, Linux, dan Mac.

Dibandingkan layanan-layanan lainnya, SoftMaker menawarkan antarmuka yang lebih simpel. Namun, hal ini yang membuat layanan office yang disediakan cloud computing secara online ini bersahabat untuk user pemula.

Layanan Office Yang Disediakan Cloud Computing Secara Online

5. LibreOffice

Seperti Kingsoft, LibreOffice adalah layanan office lainnya yang sudah akrab bagi masyarakat Indonesia. Dikembangkan oleh The Document Foundation, LibreOffice yang bersifat open source pun membuatnya terbuka untuk developer yang ingin mempelajari atau meningkatkan fungsi fitur-fiturnya. Faktor ini pula yang membuat LibreOffice bertahan sampai sekarang.

LibreOffice sudah kompatibel dengan berbagai format dokumen, termasuk Microsoft Word, Excel, PowerPoint, hingga Publisher. Bahkan layanan ini dapat memudahkan akses melalui ekstensi dan template library.

6. Zoho

Terakhir ada Zoho, layanan office yang satu ini tak hanya menyediakan, tetapi dua layanan utama berbasis cloud:Zoho Office Suite dan Zoho Workplace. Pada Zoho Office Suite atau Zoho Docs, terdapat lima aplikasi atau program yang dapat Anda gunakan, antara lain Writer, Sheet, Show, Notebook, dan WorkDrive.

Sementara pada Zoho Workplace, ada program-program yang berkaitan dengan email bisnis, file management, hingga online meeting. Bukan hanya itu, user akan menerima akses 30MB lampiran email hingga 5GB unggahan dokumen.

Jika kapasitas penyimpanan dari layanan office yang disediakan cloud computing secara online belum cukup, Anda dapat mengandalkan DimensiCloud untuk mendapatkan layanan yang lebih optimal. Bersama mereka, Anda akan memperoleh produk terjangkau, aman, dan mudah Anda gunakan. Silakan kunjungi DimensiCloud langsung untuk mengetahui layanan dan produk lain yang tersedia.

Share

Hi, I'm digital content writer at DimensiCloud.id. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about Cloud Computing, IoT, Artificial Intelligence, and other IT-related issues.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024