Schneider Electric Sebut Penggabungan AI Dan Edge Computing Berikan Banyak Manfaat Bagi Pelaku Industri

Kini aplikasi kecerdasan buatan sudah semakin banyak berkembang signifikan dalam beberapa tahun terakhir diseluruh belahan dunia. Beberapa orang mengatakan, komputasi awan kini tengah menjadi aspek penting dalam usaha kemajuan AI (Artificial Intelligence). Banyak aktivitas bisnis kini sudah semakin berkembang berkat adopsi teknologi. Benarkah Schneider Electric sebut penggabungan AI dan Edge Computing berikan banyak manfaat bagi pelaku industri? 

Edge Computing memang nantinya akan memungkinkan manajer TI dan juga manajer profesional bisa bantu mengolah dan mengelola data. Sistem kelola data akan lebih dekat dengan sumber, sehingga bisa mempersingkat proses transmisi data serta analisa data. Dengan kata lain, kehadiran AI kini sudah jauh lebih pintar dan mampu memenuhi segala kebutuhan hidup manusia. Ingin tahu apa itu edge computing dan perannya dalam dunia industri?

Sekilas Tentang Edge AI atau Edge Computing

Edge AI atau biasa dikenal dengan edge computing merupakan suatu kecerdasan buatan yang berguna untuk mengeksekusi algoritma AI pada perangkat lokal. Melalui Edge AI, maka pengguna akan lebih mudah dalam menginterpretasikan data secara real-time tanpa memerlukan sistem agar bisa terhubung dengan orang lain. Prosedur AI memang lazimnya dilakukan dalam pusat berbasis cloud, sehingga Edge AI bisa menggabungkan proses pengoperasian. 

Schneider Electric Sebut Penggabungan AI Dan Edge Computing Berikan Banyak Manfaat Bagi Pelaku Industri

Keuntungan Menggunakan Edge AI Dalam Dunia Industri

Schneider Electric sebut penggabungan AI dan Edge Computing berikan banyak manfaat bagi pelaku industri ternyata memang benar. Jika dilihat dari keuntungan dalam pengaplikasiannya saja sudah terlihat bahwa penggabungan AI dan Edge Computing bisa sangat bermanfaat. 

1. Bisa Mengurangi Waktu dan Biaya

Adanya integrasi teknologi yang berpusat, akan memberikan pengalaman terbaik bagi para penggunanya. Tidak semua barang bisa memberikan pengalaman mengesankan bagi pengguna, namun kehadiran teknologi AI dan Edge Computing mampu merubah segalanya. Misalnya saja bagi Anda para pengusaha  gelang kesehatan yang kini bisa membantu melacak kebiasaan dan kebugaran tidur. 

2. Teknologi Edge Tidak Memerlukan Keahlian Ilmuwan

Bagi para pelaku industri mungkin akan merasa lebih hemat dalam mengaplikasikan teknologi AI dengan Edge Computing. Hal ini dikarenakan integrasi teknologi tidak membutuhkan peran AI ataupun seorang ilmuwan data. Nantinya aliran data secara visual akan dikirim secara otomatis dalam pemantauan, sehingga sebuah sistem yang terbentuk akan bertindak mandiri tanpa bergantung dengan perangkat apa saja.

3. Pengurangan Bandwidth Maksimal

Manfaat penerapan AI dan teknologi Edge Computing tampaknya juga terjadi dalam segi penurunan biaya operasional. Pelaku industri akan lebih hemat dalam hal penggunaan layanan internet, sehingga tidak perlu mengeluarkan budget besar. Bagi Anda para pelaku industri yang bergerak dalam sistem telekomunikasi, bukankah hal ini bisa dibilang sangat menguntungkan, bukan? 

4. Fungsi Komputer Lebih Maksimal

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, kehadiran AI akan membuat fungsi komputer bisa berjalan dengan pintar dan mampu memenuhi kebutuhan hidup manusia. Seperti yang sudah banyak diketahui, banyak industri yang kini menggunakan fungsi “Machine Learning” sehingga dapat mempercepat dan mengurangi efek bias bagi manusia. 

Schneider Electric Sebut Penggabungan AI Dan Edge Computing Berikan Banyak Manfaat Bagi Pelaku Industri

5. Kecepatan Dalam Pengambilan Keputusan

Ini memanglah benar adanya, terutama dalam hal pengambilan keputusan. Integrasi teknologi kini bisa mempengaruhi kecepatan dalam pengambilan keputusan secara realtime. Tidak hanya itu, kombinasi AI dan Edge Computing bisa membuat keamanan jauh lebih baik kalau ditinjau dari segi fisik dan juga digital. 

6. Meningkatkan Interaksi Perusahaan Dengan Pelanggan

Kombinasi AI dan Edge Computing bisa membantu dalam meningkatkan serta mengevaluasi interaksi perusahaan kepada semua pelanggannya. Dengan begitu, perusahaan akan memperoleh keunggulan kompetitif dengan melibatkan pelanggan serta memprediksi kebutuhan sendiri. Edge AI juga dapat membantu dalam membuka peluang bisnis baru dalam berinteraksi kepada semua pelanggan. 

Sudah tahu kan bahwa Schneider Electric sebut penggabungan AI dan Edge Computing berikan banyak manfaat bagi pelaku industri? Bagi Anda yang ingin merasakan keuntungan penggabungan AI dan juga Edge Computing, maka bisa konsultasi dan mencari informasi lengkap dengan menghubungi laman link DimensiCloud. Penggabungan AI dan Edge Computing memang pilihan tepat untuk memajukan perkembangan bisnis Anda kedepannya. 

Share

Hi, I'm digital content writer at DimensiCloud.id. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about Cloud Computing, IoT, Artificial Intelligence, and other IT-related issues.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024