Teknologi Cloud Computing Struktur dan Modelnya yang Perlu Anda Pahami!

Teknologi Cloud Computing Struktur dan Modelnya

Cloud Computing hadir sebagai teknologi canggih yang mampu menjadikan internet sebagai pusat server seperlu mengelola data dan aplikasi pengguna. Penggunaan terbilang mudah dimana pengguna tidak harus menginstal aplikasi hanya untuk menjalankan program. Pengguna juga mendapat kemudahan mengakses data dan informasi kapan saja diperlukan asal terhubung dengan internet. Untuk itu, mari pelajari teknologi Cloud Computing struktur dan modelnya untuk Anda yang sedang menjalankan bisnis agar lebih efisien dan produktif berikut ini.

Struktur Cloud Computing

Selanjutnya, Cloud Computing terdiri dari 2 komponen yakni Front End dan Back End. Komponen Front End dibagi kembali menjadi interface dan aplikasi yang dibutuhkan untuk mengakses platform komputasi awannya. Sedangkan Back End dapat dikatakan mengarah pada cloud itu sendiri yang terdiri atas sumber daya. Untuk layanan yang diberikan cukup beragam. Komputasi awan menyediakan layanan server, storage, virtual machine, security mechanism, dan lainnya. Semua layanan yang diberikan ada di bawah kontrol penyedia Cloud Computing.

Adapun layanan Cloud Computing nantinya akan mendistribusikan sistem file yang selanjutnya disebar ke banyak mesin atau hard disk. Jadi data atau aplikasi pengguna tidak pernah disimpan di satu tempat saja. Bila ada satu unit yang didapati gagal memproses atau bekerja, secara otomatis aka nada unit lain yang mengambil alih. Satu hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik canggihnya teknologi komputasi awan.

Ruang disk para pengguna bisa dialokasikan ke sistem file yang terdistribusi. Sedangkan beberapa komponen penting yang lain seperti algoritma digunakan untuk alokasi sumber daya. Singkatnya teknologi Cloud Computing ini adalah sistem distribusi yang kuat dan begitu besar ketergantungannya akan algoritma yang kuat pula.

Selanjutnya antara Front End dan Back End terdapat penghubung. Perangkat penghubung yang biasa digunakan adalah jaringan LAN atau internet. Melalui penghubung ini perangkat bisa terkoneksi satu sama lain seperlu bertukar data informasi.

Teknologi Cloud Computing Struktur dan Modelnya

Model Cloud Computing

Sebagai pengguna ada 4 model Cloud Computing yang dapat Anda gunakan. Tentunya disesuaikan dengan kebutuhan bisnis perusahaan. Berikut 4 model komputasi awan yang dimaksud, yaitu:

  1. Private Cloud, Merupakan infrastruktur Cloud yang secara khusus disediakan untuk satu pengguna baik organisasi, lembaga, atau perusahaan yang terdiri dari beberapa unit bisnis. Kepemilikan, pengelolaan, dan pengoperasian semua oleh pihak perusahaan, pihak ketiga, atau kombinasi keduanya yang tidak harus berada di satu tempat sama. Pada model ini sumber daya Cloud digunakan secara private tidak dibagi ke pengguna atau perusahaan lain. Sejauh ini model ini banyak digunakan untuk interaksi intra bisnis.

  1. Community Cloud, Merupakan infrastruktur yang disediakan khusus untuk komunitas spesifik yang terdiri dari perusahaan-perusahaan dengan kepentingan sama. Community Cloud dimiliki, dikelola, dan dioperasikan satu atau lebih perusahaan yang tergabung dalam komunitas, pihak ketiga, atau bisa juga kombinasi keduanya.

  1. Public Cloud, Merupakan infrastruktur yang disediakan secara terbuka agar dapat digunakan masyarakat umum. Model ini umumnya digunakan untuk berinteraksi business to consumer. Sumber daya Public Cloud dimiliki, dikelola, dan dioperasikan oleh pemerintah, akademis, perusahaan, atau kombinasi semuanya. Di mana model komputasi awan ini biasanya berada di tempat yang ditentukan oleh penyedia layanan.

  1. Hybrid Cloud, Model keempat ini merupakan infrastruktur yang terdiri dari dua atau lebih infrastruktur Cloud berbeda, bisa private, public, atau community. Sumber daya komputasi terikat bersama namun dengan cloud berbeda. Model ini biasanya digunakan untuk interaksi business to business atau business to customer yang tetap terikat pada standar atau pola teknologi yang memungkinkan portabilitas pada aplikasi dan data.

DIMENSI CLOUD 2

Layanan Komputasi Awan DimensiCloud

Istilah komputasi awan sebenarnya sudah tidak asing lagi di era globalisasi ini. Hanya saja mungkin beberapa masih ada yang merasa awam atau belum mengetahui benar akan teknologi canggih ini. Sekilas ulasan di atas semoga bisa memberi gambaran kepada Anda akan penggunaan Cloud Computing.

Sekarang ini cukup banyak pengembang menawarkan layanan jasa Cloud Computing. Tentu selaku calon pengguna Anda berhak mendapat jasa terbaik guna mendapatkan banyak kemudahan dari penggunaan teknologi komputasi awan ini. Di sinilah Anda bisa mempertimbangkan layanan komputasi awan dari DimensiCloud. Pastinya hanya layanan terbaik diberikan kepada Anda dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024