+5 Prediksi Teknologi Tren di 2023 yang Bisa Anda Coba

Teknologi tren di 2023

Jika belakangan Anda sering menjumpai artificial intelligence dan metaverse dalam kegiatan sehari-hari, teknologi ini diprediksi akan jadi teknologi tren di 2023. Seperti tahun- tahun sebelumnya, 2023 akan menjadi tahun saat inovasi di bidang teknologi mengalami perkembangan pesat. Untuk itu, Anda harus menyiapkan diri menyambut tren apa saja yang bakal booming tahun ini.

Teknologi apa saja yang tren pada 2023?

Dihimpun dari CNN International, lima teknologi ini diprediksi jadi tren di 2023:

1. Artificial Intelligence

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan akan semakin umum dijumpai pada 2023. Ayesha Khanna selaku CEO & Co-founder Addo mengatakan, ledakan penggunaan teknologi tersebut akan merambah ke bidang seni, terutama gambar dan musik. Sebelumnya, AI telah dibenamkan di dunia bisnis digital, dari aplikasi perbankan hingga marketplace. Ayesha menuturkan, AI sesungguhnya tak dirancang untuk mengganti peran
manusia. Keberadaan teknologi ini justru diharapkan membuat pekerjaan semakin mudah dan cepat. Kualitas pekerjaan pun akan tetap terjaga. Selain itu, masih ada perangkat yang membutuhkan tenaga manusia.

2. Teknologi berkelanjutan

Abishur Prakash, pendiri sekaligus futuris geopolitik di Center for Innovating the Future (CIF), menyampaikan, teknologi berkelanjutan di sejumlah bidang akan memerankan peran penting tahun ini. Teknologi ini diprediksi jadi tren di 2023 karena dapat membantu sejumlah bidang untuk menambah dimensi baru di tengah perang energi berskala global.

Cynthia Selin yang bekerja sebagai profesor Madya di Arizona State University menambahkan, teknologi berkelanjutan membantu penangkapan hingga penyimpanan karbon. Dia juga mengatakan, terdapat berbagai proyek yang dapat dikembangkan untuk memangkas emisi gas rumah kaca.

3. Metaverse

Berkembang pesat sejak masa pandemi, teknologi ini diprediksi jadi tren di 2023 untuk beberapa alasan. Metaverse dinilai mampu membantu pebisnis ritel untuk meluncurkan produk yang dapat meningkatkan kredibilitas pelanggan secara digital. Diperkirakan tahun ini metaverse akan semakin diminati pelaku usaha kecil yang sebelumnya bergabung dengan perusahaan besar.

Uniknya, pertumbuhan metaverse justru paling terlihat di dunia gaming. Hal ini disebabkan para pemain berinteraksi dengan sesama pemain lewat semesta alternatif. Fenomena tersebut menjadi inspirasi untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan. Dari pekan mode sampai konser.

4. Komputasi kuantum

Teknologi ini diprediksi jadi tren di 2023 karena menawarkan kecepatan tak tertandingi. Sejumlah perusahaan teknologi yang akan terlibat dalam pengembangan komputasi kuantum mencakup AWS, Microsoft, dan Google. Bukan cuma itu, pasar untuk komputasi kuantum skala global diperkirakan mampu meraup penghasilan sampai USD2,5 miliar pada 2029 mendatang.

Anda yang tertarik menelusuri komputasi kuantum perlu menguasai materi dan pengalaman dasar. Beberapa di antaranya adalah mekanika kuantum, probabilitas, aljabar linear, machine learning, dan teori informasi.

5. Semikonduktor perangkat elektronik

Abishur memprediksi, perang antara Rusia dan Ukraina yang masih berlangsung akan membuka sebuah era baru terkait globalisasi dan geopolitik. Perubahan ini yang juga akan berdampak pada aspek teknologi tahun ini. Terlihat dari perebutan semikonduktor yang berpengaruh pada kenaikan harga smartphone, laptop, hingga mobil.

Perubahan di atas hanyalah salah satu alasan yang membuat teknologi ini diprediksi jadi tren di 2023. Pasalnya, persaingan antara Tiongkok dengan Amerika Serikat, dua produsen semikonduktor, bakal membuat guncangan pada sejumlah urusan global tahun ini.

6. Internet of Things

Meski bukan pendatang baru, Internet of Things (IoT) bakal berkontribusi pada perubahan besar dalam bidang teknologi. Teknologi ini diprediksi jadi tren di 2023 disebabkan adanya peningkatan jumlah perangkat yang masuk ke pasar kecerdasan berbasis data dan sensor pintar. Bahkan beberapa di antaranya akan membantu menunjang kesejahteraan masyarakat.

Bernard Marr memperkirakan, peningkatan IoT tak terlepas dari pemanfaatan perangkat. Salah satunya jam tangan pintar (smartwatch) yang digunakan untuk memantau sejumlah indikator kesehatan secara berkala.

Satu lagi teknologi yang bakal maju pesat tahun ini: cloud computing! Teknologi ini diprediksi jadi tren di 2023 berkat pemakaian perangkat berbasis data yang semakin populer. Anda yang belum berpengalaman memakainya pun bisa menggunakan jasa DimensiCloud. Untuk mengetahui layanannya yang aman dan mudah diakses, silahkan kunjungi website resmi DimensiCloud!

Share

Hi, I'm digital content writer at DimensiCloud.id. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about Cloud Computing, IoT, Artificial Intelligence, and other IT-related issues.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024