Untuk Hasil Tulisan Jelas dan Spesifik, Ikuti 5 Tips Membuat Prompt Copy AI Ini!

Tips Membuat Prompt Copy AI

Untuk menjalankan perintah pada Copy AI, Anda perlu memasukkan prompt sesuai topik. Sekilas, merancang prompt terkesan mudah. Namun kalau kurang jelas atau detail, tulisan yang dihasilkan tak akan spesifik. Supaya lebih mudah mendapatkan hasil yang spesifik, ikuti tips membuat prompt Copy AI berikut ini!

Memahami Formula Prompt AI yang Tepat

Sebelum membuat prompt untuk Copy AI, Anda perlu mengetahui formula yang tepat. Rata-rata rumus prompt yang digunakan orang-orang saat memakai tool AI adalah sebagai berikut:

Act like (masukkan profesi atau pekerjaan) + write a (informasi tulisan, pastikan spesifik) + define an objective (tujuan atau target audiens yang ingin dijangkau) + define an ideal formal (format penulisan pada hasil akhir.

Berikut adalah contoh yang diharapkan dapat Anda hasilkan setelah menerapkan tips membuat prompt Copy AI:

Bersikaplah seperti seorang marketer dan copywriter yang menulis sebuah copy untuk tiga video beserta deskripsi pada masing-masing video berdasarkan transkrip yang saya sediakan untuk mengajari audiensi saya cara-cara membuat shrimp spaghetti.

Dalam hal ini, Anda dapat menambahkan detail seperti format, gaya, dan tone.

Kiat Menulis Prompt yang Bagus untuk Copy AI

Sudah memahami rumusnya? Sekarang, Anda bisa pelajari tips membuat prompt Copy AI berikut!

1. Tentukan Tujuan atau Goals

Salah satu kesalahan yang membuat hasil tulisan Copy AI kurang spesifik adalah tujuan yang kurang jelas. Maka dari itu, sebelum Anda memasukkan informasi, tetapkan tujuan atau goals yang ingin dicapai. Misalnya, pesan apa yang ingin disampaikan lewat konten? Atau apa Anda ingin audiensi mengeklik tautan atau melakukan pembelian?

Menentukan tujuan dan goal bukan hanya membantu Copy AI mengolah informasi. Anda juga akan lebih mudah mengembangkannya sesuai konsep konten.

2. Berikan Perintah Jelas dan Spesifik

Tips membuat prompt Copy AI selanjutnya adalah memberikan perintah jelas dan spesifik. Anda tinggal memasukkan informasi tersebut pada rumus di atas. Pastikan isinya padat dan tegas. Kalau cenderung bertele-tele, Copy AI malah akan kesulitan menjalankan perintah. Selain itu, hasilnya malah semakin membingungkan Anda.

Oleh karena itu, poin kesatu sangat krusial. Anda pasti bakal cepat menyediakan informasi yang diperlukan sebelum menjalankan perintah pada Copy AI.

3. Berikan Pertanyaan yang Open-ended

Saat menggunakan tool AI, hindari pertanyaan close-ended dengan jawaban yes or no. Pertanyaan-pertanyaan tersebut malah membuat Copy AI memberikan hasil yang kurang mendetail. Sementara pertanyaan open-ended akan membuka opsi yang lebih variatif. Dengan begitu, Anda punya pilihan sebelum menentukan tulisan mana yang diambil.

Sebagai contoh, alih-alih bertanya apakah kopi berbahaya untukmu, masukkan pertanyaan seperti apa saja manfaat dan efek samping meminum kopi. Bisa bayangkan perbedaan jawabannya, bukan?

4. Cek Tata Bahasa dan Ejaan

Mengecek tata bahasa dan ejaan adalah bagian dari tips membuat prompt Copy AI yang kadang masih dilewatkan. Padahal, detail seperti ini mempengaruhi tool AI memproses prompt yang Anda masukkan. Jika ada salah ketik atau struktur kalimat kurang sesuai, hasil yang diberikan Copy AI juga akan berantakan.

Untuk itu, sebelum memulai perintah, baca kembali prompt yang Anda masukkan. Gunakan kata-kata yang simpel supaya mudah dipahami Copy AI agar prosesnya juga cepat.

5. Tambahkan Informasi Kontekstual

Satu lagi tips membuat prompt Copy AI yang dapat Anda lakukan adalah memberikan informasi yang kontekstual. Maksudnya, data yang diberikan akan menunjang informasi yang Anda masukkan pada prompt. Misalnya saja latar belakang, target audiens yang ingin dijangkau lewat konten, dan posisi atau profesi Anda sebagai orang yang memakai Copy AI.

Copy AI bagaimanapun hanya alat yang kapasitasnya masih di bawah pemahaman otak manusia. Jadi pastikan informasi yang diserahkan sesuai konteks.

Ingin mendapatkan hasil maksimal dari penerapan tips membuat prompt Copy AI? Anda dapat mengandalkan jasa dari Dimensicloud.id untuk mencapai tujuan tersebut! Selain cloud computing, kini mereka juga mempunyai layanan baru yang berkaitan dengan AI. Bagi Anda yang memerlukan informasi lebih lengkap, kunjungi saja website Dimensicloud.id.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024